Rabu, 07 November 2012

wawancara tentang internet di Indonesia


WAWANCARA
Menurut bapak bagaimana perkembangan Internet di Indonesia?

Menurut saya perkembangan internet masuk Indonesia itu sangat cepat, karena pertama kali internet masuk Indonesia pada tahun 1990 an. Pada tahun itu juga masyarakat baru bisa menggunakan, dan itupun baru beberapa kalangan masyarakat yang bisa menggunakan internet. Sekarang sudah menjamur seperti ini, ini tidak lain karena perkembangan Tekhnologi itu sendiri. Semua orang bisa melakukan konektik internet dan bahkan setiap saat setiap detik pekembangan tekhnologi itu trus berkembang. Maka kita sebagai anak bangsa kalau tidak mengikuti perkembangan itu kita akan tertinggal oleh tekhnologi itu sendiri. Kita harus menguasai tekhnologi jangan sampai kita yang di kuasai oleh tekhnologi itu sendiri.

Perkembangan itu pasti mempunyai dampak positif dan negatif , kira-kira dampak negtif dari internet itu ada apa tidak pak?

Dampak negatif  dan positif  itu sama-sama ada. Untuk positifnya kita bisa mencari hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran kita, kita bisa mencari informasi yang luas. Karena internet itu data yang di masukkan oleh semua orang yang di upload itu bisa masuk dan kita bisa melihat dengan bebes sehingga data apapun disana kita bisa mencari. Cuma ketika kita tidak bisa menguasai tekhnologi maka kita akan di kuasai tekhnologi dan kita tidak bisa menguasai tekhnologi sehingga negatifnya karena tidak ada sensor. maka tinggal perilaku akhlak pemakaiannya itu sendiri harus di bentengi,dan kita harus mengetahui batas-batas mana yang harus kita buka untuk menghindari segi negatifnya. Indonesia ini adalah salah satu Negara terbeser kedua menurut sebuah lembaga penelitian setelah Amerika, yaitu pembuka situs negeri atau situs-situs yang dilarang oleh syara’. Ini berarti bahwa tingkat penggunaan internet di Indonesia itu luar biasa.

Cara menanggulangi dampak negatifnya ada apa tidak pak?

Untuk menanggulangi dampak negatifnya itu tergantung orang-orang pemakai Internet, ketika tingkat keimanan manusia itu lebih tinggi maka saya yakin tidak akan membuka hal yang dilarang. Kalau segi negatifnya itu sampai terbuka jadi orang pengguna internet tersebut akan melakukan hal-hal yang belum waktunya untuk diketahui dan bahkan pengguna Internet tersebut bisa sampai melakukanya dengan sembarangan yang pastinya melanggar syara’ islam.

Apa pesan bapak  sebagai guru tekhnologi untuk kami para pelajar serta generasi penerus bangsa?

Pesan saya, cintailah apa yang dimiliki bangsa kita salah satunya tekhnologi yang semakin luas dan mudah ini. Dengan menggunakan tekhnologi dengan baik dan benar maka akan menimbulkan generasi yang sangat membanggakan. Yang terpenting adalah mari kita jaga akhlak dan budi pekerti yang bagus agar tidak gampang dipengaruhi oleh tekhnologi itu sendiri.









RANGKUMAN
Tekhnologi pertama kali masuk Indonesia sekitar tahun 1990, selama kurang lebih 22 tahun internet di gunakan oleh orang Indonesia,perkembangan tekhnologi sangatlah pesat, hingga saat ini tekhnologi telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern, sebut saja internet sekarang sudah menjadi sumber ilmu pengetahuan yang sangat canggih, kita dapat memperoleh apapun yang kita cari disana,tekhnologi sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di era sekarang ini, namun walaupun demikian terdapat pula dampak negatifnya jika kita menyalah gunakan internet tersebut, untuk itu kita harus membentenginya dengan iman kita masing-masing ketika iman kita kuat kita tidak akan terjerumus oleh tekhnologi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar